Saturday, February 29, 2020

Pembersihan Pantai Pulau Bengkaru dari Sampah Plastik.

Pulau Banyak Barat (2020) - Menjaga kebersihan adalah tugas kita,  karna manusia dan alam saling beketergantungan. Alam butuh keseimbangan. (Wn Hn).

Salah satu Tim yayasan Di Pulau Bengkaru (Meuraxa) tengah mengumpulkan sampah plastik di Bengkaru. (foto : S.Meuraxa)
Selain patroli dan memantau aktivitas penyu juga menjadi kewajiban kami dalam menjaga kebersihan di Pulau Bengkaru. sehingga penyu yang naik untuk singgah maupun bertelur disini merasa nyaman, karna sampah plastik dapat memberikan dampak negatif terhadap makhluk hidup kata #S.Meuraxa

Pulau Bengkaru termasuk salah satu Pulau di gugusan Kepulauan Banyak yang terletak di samudera hindia tepat dibagian sebelah barat Sumatera dan dibagian barat Kepulauan Tuangku. Termasuk Wilayah administratif Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh dengan Kordinate 2°4′0″LU,97°7′0″BT pulau ini dihuni oleh berbagai habitat penyu langkah oleh karena itu perlu penjagaan ketat dilakukan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan yayasan yang bertugas dipulau Bengkaru yakni Hutan Lindung Kawasan Aceh (HAKA) dan Yayasan Save Aceh Nature (YSAN).

Dengan melihat banyaknya sampah yang berserakan di bibir Pantai Pulau Bengkaru kami melakukan Pengutipan Sampah.  Untuk menjaga kebersihan di Pulau Bengkaru. Sampah yang beserakan di Pulau Bengkaru merupakan sampah-sampah yang hanyut dibuang kelaut


Alur kehancuran Sampah (foto:Meurxa)

Sampah plastik tidak akan hancur dalam jangka waktu yang sebentar butuh waktu ratusan tahun untuk hancur. Untuk itu perlunya kesadaran kita untuk tidak membuang sampah sembarang tempat, apalagi sampai membuang sampah kelaut, karna dapat merusak Ekosistem laut,  dan juga dapat mengotori pantai-pantai yang Indah di bagian Kepulauan. Khususnya daerah Kepulauan Banyak, termasuk Pulau Bengkaru. 

Pulau Bengkaru. Pulau Banyak Barat Aceh Singkil. 

Pulau Bengkaru memiliki daya tarik untuk di jadikan sebagai Objek Wisata karna pantainya yang mempesona, jadi sayang kalo tidak kita sama-sama menjaga kebersihannya.. 



No comments:

Post a Comment